Slider

VIDEO

BLOGGING NOTE

KULINER

SEJARAH

ACEH SELATAN

S O S O K

Gallery

» » Asam Sunti, Bumbu Masak Dari Aceh

Sahabat, pernahkah sahabat mendengar Asam Sunti? Jika sudah alhamdulillah, dan bagi yang belum tahu ada baiknya kita membaca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui seluk beluk daripada si asam sunti ini. Asam sunti merupakan salah satu elemen penting dalam urusan kuliner di aceh karena kehadirannya didalam masakan telah menciptakan rasa khas dari masakan itu sendiri.

Asam sunti  merupakan salah satu bumbu masak khas aceh yang tidak termasuk dalam kategori rempah-rempah. Bahkan asam sunti ini bukan bumbu masakan yang diincar oleh bangsa Eropa dalam mencapai kejayaannya (kejayaan merupakan point ketiga dari tujuan mereka ke indonesia selain dari kekayaan/gold, glory/kejayaan dan gospel/penyebaran agama).


Asam sunti sangat sering di padukan dengan rempah lain dalam satu masakan Aceh. Menurut masyarakat Aceh asam sunti merupakan sebuah petunjuk dari Allah SWT kepada para Ẻndatu (sebutan untuk nenek moyang orang Aceh -pen) untuk memanfaatkan dengan sebaik mungkin buah dari pohon belimbing yang berbuah di sepanjang musim agar tidak terbuang sia-sia atau mubazir. Belimbing yang sudah di keringkan ini dapat disimpan dalam waktu sangat lama, ini di karenakan kadar asam dan garam yang tinggi menjadi faktor penghambat bagi perkembangan jamur dan bakteri pengurai.

Sampai saat ini belum dapat diketahui dari Aceh bagian mana asam sunti ini berasal. Dan tidak bisa diragukan lagi bahwa asam sunti ini sudah ada sejak dari dulu dan dipakai dalam masakan Aceh bahkan jauh dari masa kerajaan Aceh menjadi kerajaan lima besar di dunia.
Sebenarnya tidak hanya asam sunti saja yang lazim di gunakan dalam masakan khas Aceh melainkan juga ie bồeh silimễng( air perasan belimbing wuluh) juga ikut ambil andil dalam masakan Aceh, seperti kebanyakan warga Aceh Besar yang memanfaatkan sari pati dari buah belimbing yang di keringkan tersebut. Sari pati tersebut diambil dari rembesan air belimbing yang sedang dijemur pada suatu wadah yang terbuat dari anyaman daun kelapa atau yang sering disebut juga dengan blềut dan di tampung pada pelepah daun pinang atau dikenal dalam bahasa Aceh sitủek.

Air belimbing wuluh juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk mengawetkan ikan dan daging. Selain itu, penggunaan air belimbing wuluh ternyata sangat ekonomis, karena untuk mendapatkannya hampir tidak memerlukan biaya sama sekali.

Asam sunti kini tidak hanya terkenal di Aceh, popularitasnya hampir mencakup seluruh wilayah nusantara. Ini karena sudah banyaknya warga Aceh yang sudah menyebar ke seluruh wilayah nusantara, seperti warga Aceh yang tinggal di bagian timur indonesia yang sering menyebut asam sunti itu merupakan kurma khas Aceh (yang menurut warga kurma adalah buah khas dari  kota Mekkah, sedangkan asam sunti buah khas dari kota Serambi Mekkah. Hehehe…) serta hampir diseluruh pulau Sumatera.

Selain proses pembuatannya sangat mudah, buah belimbing wuluh sangat mudah dijumpai di Indonesia, dengan alasan seperti inilah masyarakat Aceh yang berada di perantauan tetap menggunakan asam sunti sebagai bumbu komplementer (namun bagi warga non Aceh asam sunti dianggap  bumbu subtitusi dari asam kandis ataupun asam jawa) dalam memasak serta untuk tetap menjaga cita rasa khas pada masakan tradisional asal Aceh, walaupun tetap dengan alasan utama mereka ialah melestarikan apa yang sudah diwariskan, mengingat asam sunti merupakan milik daerah Aceh secara kultural.

Demikian dulu cerita kita tentang Asam Sunti (belimbing wuluh yang sudah dikeringkan ) yang bernama latin Averrhoa bilimbi linn ini. Dibagian selanjutnya aku akan bercerita kembali bagaimana sih cara agar buah belimbing wuluh ini berganti rupa menjadi asam sunti. See u again sahabat….

SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS, BAGAIMANA PENDAPATMU..

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

56 >>Komentar :

  1. jadi belimbing wuluh yg dikeringkan ini ya yg disebut asam sunti, Dmilano ?
    bunda jg suka pake belimbing wuluh bila memasak sup ikan, tapi yg fresh gitu, rasanya lebih segar dan pastinya bisa menghilangkan bau amis ikan tersebut.
    Terimakasih utk artikel yg bermanfaat ini, DMilano :)
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bun, mamak dulu klo masak ikan pasti pakai belimbing wuluh yg masih segar, katanya sih menimalisir bau amis.

      Hapus
    2. Iya bun, kadang ada yang cuma untuk menghilangkan bau amis ikan saja, namun dalam meracik masakan yang punya ciri khas, asam sunti tadi tetap diperlukan. mIsalnya aja ya bun, sewaktu aku bikin sambal udang, asam sunti ini ku blender trus dicampurkan ama cabe, lalu dipanaskan dipenggorengan. Hasilnya lebih enak karena ada terasa asam2 nya diantara rasa pedas itu sendiri

      Hapus
    3. Coba sesekali digunakan asam waru yg sudah dikeringkan itu mbak Ni, dijamin akan terasa lain pada masakannya.

      Hapus
  2. didepan rumah ada pohon belimbing wuluh bang, tapi aku belum pernah lihat yang dikeirngkan. kalau asam kandis beda ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda lah mbak Lid, walaupun kegunaannya mungkin sama, tapi bahan yg digunakan kan beda, itu akan mempengaruhi rasa. Selama aku hidup dan makan dirumah belum pernah kami menggunakan asam kandis. Karena mgkin didaerahku memang gak ada kali ya. :)

      Hapus
  3. padek lah Pa'e masak ya..sampe asam sunti pun tau dia, klo bu'e biasa cuma pake belimbing wuluh seger utk campuran sambal terasi..itupun jarang krn males nguleknya heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak gitu pandek lah bu'e, namun karena sudah terlalu seringnya kami menggunakan bahan ini untuk memasak sehingga ada baiknya menceritakan sedikt tentang si asam sunti ini

      Hapus
  4. Saya belim pernah lihat buah ini.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hangat juga dari aceh pakde :)

      Hapus
  5. mampir kawan, buah ini terkenal kerna kecutnya ya...eh asemnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu kawan, karena asemnya itu sering dibaurkan dgn masakan.

      Hapus
  6. dikampung gue banyak yg ginian sob. sering dibikin sambal tapi gak pake dikering'in gitu! oh, jadi buah sunti ya kalo disebut diwilayah aceh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sob, buah belimbing wuluh yg udah dikeringkan itu bernama asam sunti.

      Hapus
  7. ooohhh ternyata asam sunti itu dr belimbing wuluh ya.. kl sy biasanya pk belimbing wuluh yg segar.. itupun lumayan susah carinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. belimbing wuluh itu dikampungku sangat banyak mbak, gak kesulitan kami nyarinya.

      Hapus
  8. Oo...yg disebut asam sunti itu blimbing wuluh kering to?? trims infonya ya..sdh lama dengar tapi ga ngerti maksudnya, hehe...

    BalasHapus
  9. Oo...yg disebut asam sunti itu blimbing wuluh kering to?? trims infonya ya..sdh lama dengar tapi ga ngerti maksudnya, hehe...

    BalasHapus
  10. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  11. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  12. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  13. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  14. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  15. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  16. saya akan mencoba tipsnya yang sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  17. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  18. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  19. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  20. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  21. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  22. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  23. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  24. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  25. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  26. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  27. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  28. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  29. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  30. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  31. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  32. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  33. saya senang setelah membaca tipsnya,pasti saya akan di coba..

    BalasHapus
  34. terimakasih tips yang sangat amazingnya, pasti saya akan coba tipsnya

    BalasHapus
  35. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  36. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  37. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  38. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  39. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  40. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    BalasHapus
  41. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  42. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

    BalasHapus
  43. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  44. Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

    BalasHapus
  45. Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

    BalasHapus

Silahkan Beri Tanggapanmu Tentang Post diatas ^_^