Slider

VIDEO

BLOGGING NOTE

KULINER

SEJARAH

ACEH SELATAN

S O S O K

Gallery

» » » Gulai Asam Padeh Ikan Balanak

Pagi ini terasa hangat oleh sinar mentari dan semua mahkluk tersenyum menyambutnya. Seperti biasa setelah melakukan aktivitas pagi, aku lalu menikmati secangkir kupi kluet yang aduhai. Memang benar kata orang, kalau lidah sudah terbiasa terhadap sesuatu pasti akan kepingin lagi merasakannya layaknya seperti candu.

Lama aku tinggal dikota besar, akan tetapi lidah ini tetap kampungan. Kata orang makan pizza hut itu enak, namun aku lebih doyan ngunyah lempiang sagu ( sejenis lemper ). Kata orang makanan sea food itu
nikmat namun lidahku lebih nyaman merasakan sambal ikan balado. Hahaha.... dasar lidah kampungan tak pernah mau berdamai dengan makanan mahal.

Bicara mengenai rasa, kali ini aku akan kembali menghadirkan salah satu kuliner dari kampung halamanku di Aceh Selatan, namanya Gulai Asam padeh. Kuliner ini termasuk kuliner yang sangat mudah untuk membuatnya sehingga tidak salah jika aku sering sekali memasaknya disela - sela kesibukan lainnya. Kembali ke dapur, hehehe...

Sebelum nya mari kita persiapkan terlebih dahulu bahan - bahannya. jika yang rumahnya dekat pasar maka bersyukurlah. Bahan - bahannya mudah kok. ini dia sahabat.

  • Ikan, boleh ikan apa saja sesuai selera. Kali ini ikan yang ku beli adalah ikan balanak. Bersihkan ikan tersebut terlebih dahulu.
  • Cabe merah yang sudah dihaluskan. Ukurannya disesuaikan dengan selera saja ya sob, ntar gak sanggup pula menahan pedes.
  • Kunyit 1 sendok kecil saja
  • Cabe rawit, juga disesuaikan dengan selera.
  • Jahe,  kira - kira sepotong kecil yang nantinya kita tumbuk halus.
  • Bawang secukupnya.
  • Batang serai, ditumbuh pangkalnya.
  • Asam sunti kira - kira segenggam kecil agar lebih kental rasa asam nya.
  • Daun jeruk nipis 2 - 3 lembar, daun ini nanti dirobek - robek lalu ditaburkan dalam masakan.

Cara membuatnya :
Masukkan semua bumbu - bumbu ( kecuali batang serai dan daun jeruk purut) kedalam wajan tentunya setelah dihaluskan terlebih dahulu, diblender misalnya atau di giling jika tidak punya blender. atau diapain aja yang penting halus. hihihi...
Kemudian masukkan ikan yang sudah bersih (lebih baik dipotong kecil - kecil agar bumbunya meresap kedalam daging ikan) itu diaduk dengan bumbu - bumbu. Nah setelah itu masukkan air bersih secukupnya. Air yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan selera saja. Masukkan garam secukupnya, sebaiknya gunakan lidah yang sehat untuk merasakan kuahnya. Tarakhir, daun jeruk purut dan batang serai tadi silahkan dimasukkan.








Jika dianggap sudah beres, angkat wajan lalu panaskan beberapa menit hingga sahabat akan membaui aroma yang sedap. Setelah daging ikan terlihat agak menguning maka gulai yang kita masak itu sudah dianggap matang. Nah, mari sini... lihatlah gulai Asam Padeh Ikan Balanak buatanku sudah jadi.
Gulai Asam Padeh Ikan Balanak

SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS, BAGAIMANA PENDAPATMU..

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

30 >>Komentar :

  1. waduh, blognya om dee jadi keren

    tapi lumayan ribet mas nyari tanda submit komennya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf atas ketidak nyamanannya mas. maklumlah sedang belajar pasang banner sendiri. sekarang sudah bisa kok

      Hapus
  2. gulai yang menggugah salero

    BalasHapus
  3. waduuhh,,enak tuh, tp kurang merah ya Pa'e.

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka kali lah bu'e nih sama yang merah - merah... gini aja dah nikmat

      Hapus
    2. masalhnya yg merah itu yg cihuyyyy hahahah

      Hapus
    3. Jika ada warna merah bisa cepat ketauan bu'e, hihihi...

      Hapus
  4. wah, jadi tukang masak juga akhirnya! Kopinya mana bror...?? hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi... untuk sementara kupinya dipause kan dulu. Kasih waktu buat kuliner yang mau lewat

      Hapus
  5. nah begini enak, soalnya tadi udah ngetik puanjang ehhh ternyata nggak bisa publish koment. Dan sekarang mo nulis lagi jadi lupa hhh soalnya merasa terpedaya pesona ikan gulai asam. Saya adalah penggemar olahan ikan laut/tawar segar yang ada kuahnya apalagi kalo ada pedas dan asemnya, dunia terasa mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf atas ketidaknyamanannya ya Pak Ies, selera kita ternyata sama pak, cocok semeja kalau lagi makan, hehehe

      Hapus
  6. Berhubung saya nda telaten masak, bagaimana kalau Bang Dmilano kirimkan contoh gulai asam padeh ikan balanaknya saja? Hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kejauhan mas... keburu basi setiba dirumah abi nya sabila, hahaha...

      Hapus
  7. Ngerasain garam pake lidah yang sehat ya bang? aku masak sukanya asin-asin, apa lidahku nggak sehat ya? :D Bumbunya nggak dikasih kunyit bang?.. Penampakannya menggugah selera..

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAsih aja kunyit 1 sendok kecil saja mbak, asal nampak menguning saja dah jadi lah itu. Biasanya makanan yang asin - asin itu sering berdampak pada tekanan darah tinggi loh mbak. :) makanya aku sebutkan harus dirasa dgn lidah yang sehat. Maksudnya kita juga mesti ingat akan lidah anggota keluarga dirumah. kan gak semua suka asin. gitu mbak :)

      Hapus
  8. Itu sea foot atau 'sea food', Bang? Kalo 'sea food' kan artinya makanan laut. Lah, ikan kan juga makanan laut. Hehe...
    Ehm, balanak yang gede2 uenak banget nih kalo dimasak asam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.... ada betulnya juga mbak. Ikan juga makanan dari laut, tapi ada juga ikan yang gak betah dilaut. :) ikan belanak termasuk ikan yang sering main di muara. Pada kenyataannya aku lebih sering mengkonsumsi ikan air tawar/payau. iya mak, kalau yang sudah besar tuh memang sodap untuk digunakan dalam masakan ini. cuma kemaren swaktu belanja ke pasar, aku gak bertemu dengan ikan belanak yang besar. cuma yang sebesar poto diatas itu yang dapet

      Hapus
  9. ikannya gak digoreng dl ya mas ?.. eh mata ikannya melirik daku..hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah digoreng mbak, akan lain terasa nanti. Sebab gulai asam padeh ini identik dgn rasa pedas yang asam. asalkan pas waktu masaknya, aroma cabe tidak akan tercium, yang bisa kita baui adalah aroma daun jeruk purut dan aroma asam yang menguap.

      Hapus
  10. Bang Dee pintar masak tenryata toh :)

    BalasHapus
  11. jadi lapeeerrrrrrrr :)

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. Sepertinya lebih mengarah ke rasa pedes - pedes gitu mbak :)

      Hapus
  13. Ikan belanak ternyata bisa di masak asam padeh ya bang, selama ini saya juga sering bikin asam padeh tapi belum pernah pake ikan belanak. Kapan kapan pengen coba juga ah....:)

    BalasHapus
  14. Gulai yang sangat menggugah selera bg..
    di update lagi lah bg biar semua orang tau kalo kita punya kuliner yang sangat banyak

    saleum
    civitas gampongaceh.com

    BalasHapus

Silahkan Beri Tanggapanmu Tentang Post diatas ^_^