Slider

VIDEO

BLOGGING NOTE

KULINER

SEJARAH

ACEH SELATAN

S O S O K

Gallery

» » Gajah Putih Mengamuk, Sang Garuda Tersungkur


Tragis ! Kekalahan 0-5 dari Timnas Thailand U23 membuat ambisi Garuda Muda untuk ke final kandas sudah. Evan Dimas cs tidak berdaya meladeni permainan cantik ala negeri gajah putih yang sejak menit-menit awal sudah mengurung, menekan dan membahayakan lini pertahanan Timnas Indonesia U23 yang dijaga oleh Manahati Lestusen dan Hansamu Yama Pranata.
 
Alhasil, di menit ke-13, Thailand mampu mencetak gol melalui Rungrath Poomchantuek. Ahh..!!! Koordinasi lini belakang Timnas yang lemah menyebabkan gawang yang dijaga oleh Teguh Amiruddin pun bobol.


Memang sangat jelas terlihat pressing yang dilakukan oleh pemain Thailand terhadap Indonesia sangat berbahaya dan tak mudah bagi Zulfiandi dkk meredam kecepatan daripada pemain Thailand. Saat gol kedua pun, Timnas belum mampu keluar dari tekanan hingga berakhirnya babak pertama Indonesia kebobolan dua gol. Terlihat bahwa pertandingan melawan Thailand sangat berbeda dengan melawan Singapura beberapa hari yang lalu. Walaupun Timnas terus ditekan oleh Singapura namun perlahan tapi pasti garuda muda bisa mengendalikan pertandingan lalu keluar sebagai pemenang.
 
Sebenarnya Indonesia bukan tidak bisa untuk menciptakan gol ke gawang Thailand, masalahnya adalah finishing yang kurang akurat. Inilah yang selalu menjadi masalah bagi timnas disetiap turnamen. Setidaknya aku melihat ada beberapa peluang yang kemungkinan bisa menciptakan gol diantaranya dari Evan Dimas dan dari tendangan bebas yang dilakukan oleh Saiful Indra Cahya.


Terlepas dari semua itu, faktor lain yang menyebabkan permainan Timnas tidak berkembang adalah masalah kebugaran. Dengan waktu istirahat yang singkat,  pasukan Aji Santoso ini hanya punya waktu 1 x 24 jam untuk memulihkan stamina karena keesokan harinya kembali harus turun kelapangan. Padahal laga melawan Singapura kemaren sudah sangat menguras tenaga para pemain pilar, tidak mungkin akan bugar kembali hanya dalam waktu sehari. Lain halnya dengan timnas Thailand, mereka punya waktu istirahat 2 hari setelah pada pertandingan sebelumnya menang 2-1 lawan Vietnam.

Semua terlihat jelas dilapangan saat Thailand berhadapan dengan Indonesia kemaren. Garuda Muda kalah disetiap lini dari para pemain Thailand. Kecepatan yang dimiliki pemain Thailand juga tidak mampu diimbangi oleh lini pertahanan Indonesia, juga masalah koordinasi dilini belakang yang sering melakukan kesalahan - kesalahan sehingga sang kiper Teguh Amiruddin harus lima kali memungut bola dari gawang yang dikawalnya. Ini merupakan sebuah PR yang harus segera dibenahi oleh manajemen tim supaya kedepan apabila sanksi FIFA atas sepakbola Indonesia dicabut, kita bisa melihat permainan ciamik dari pemain - pemain timnas kita saat berhadapan dengan lawan.


Tim Garuda kembali harus tersungkur diamuk kawanan Gajah Putih untuk kesekian kalinya di ajang Sea games. Ini menandakan bahwa manajemen tim harus kembali belajar atas semua kesalahan- kesalahan pemainnya dilapangan. Jika mengenai skill, kita semua sepakat bahwa Evan Dimas dkk punya skill yang tidak kalah dengan tim manapun di Asean hanya saja dari pihak terkait seharusnya mencontoh kiprah Timnas negara tetangga kita seperti Myanmar, Vietnam, Laos dan juga Thailand yang tidak segan menggelontorkan banyak uang demi pembinaan dan program latihan yang berkelas.

Timnas sudah kalah dari Thailand dan gagal ke babak final. Selanjutnya pada tanggal 15 Juni 2015 nanti harus menghadapi Timnas Vietnam untuk mendapatkan medali perunggu. Laga akan dilangsungkan pada pukul 14:00 WIB. Ayo tetap dukung Garuda Muda kita berjuang di Sea Games Singapura.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penulis merupakan salah satu supporter Tim Merah Putih

SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS, BAGAIMANA PENDAPATMU..

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Silahkan Beri Tanggapanmu Tentang Post diatas ^_^