Slider

VIDEO

BLOGGING NOTE

KULINER

SEJARAH

ACEH SELATAN

S O S O K

Gallery

» » » Pantai Pasir Putih Samadua


Wilayah pesisir Aceh Selatan memang kaya dengan keindahan alam yang eksotis mungkin sudah ditakdirkan untuk membuat orang – orang yang datang berdecak kagum akan keelokan serta keasrian alamnya.

Hampir semua wilayah pantai memiliki pesona yang mampu membuat penasaran orang – orang yang menatapnya, belum lagi objek wisata pegunungan yang banyak belum tersentuh oleh pemerintah sehingga menjadikannya tertutup dan susah untuk didekati karena tidak ada sarana transfortasi yang menghubungkan.

Bagi sahabat yang hobi akan wisata pantai, tidak usah khawatir kesulitan untuk menikmatinya karena wilayah aceh selatan diapit oleh laut dan gunung sehingga akses menuju pantai sangat dekat dari pemukiman. Adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh selatan telah membuat banyak pengunjung betah berlama – lama berada dipantai tersebut.

Pantai Pasir Putih, itulah nama yang mereka sebutkan untuk melambangkan keelokannya. “Lepaskan sepatumu, dan rasakan kelembutan pasir yang kamu pijak…” begitu yang sering diucapkan masyarakat terhadap para pelancong yang datang.  Pasir putih nan halus itu kerap membuat pengunjung ketagihan bermain pasir dengan kaki dan tangannya sembari menikmati birunya lautan.


Pantai pasir putih berada dilamping gunung Lauser yang kaya akan flora, sehingga hawa matahari tidak begitu menyengat kulit. Pesisirnya dipenuhi oleh pohon kelapa dan beberapa pohon aru yang rampak menjulang. Masyarakat sekitar yang sadar akan pentingnya membuat pengunjung nyaman lalu membuat tempat duduk sederhana sekedar untuk melepaskan lelah dibawah pohon aru itu sambil menikmati semilir angin.  



Menurut keterangan salah seorang pegawai rumah makan yang berada di lokasi pantai putih, “tidak semua yang datang kesini warga lokal banyak juga yang berasal dari luar daerah seperti dari singkil, meulaboh bahkan ada yang berasal dari medan. Mungkin mereka hanya singgah sebelum melanjutkan perjalanan lagi ke banda aceh”, tuturnya.


Lokasi wisata Pantai Pasir Putih Kecamatan Samadua ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang patut dikunjungi. Jarak tempuh dari kota Tapaktuan, ibukota kabupaten aceh selatan hanya sekitar 30 – 40 menit saja.

Ombak dipantai ini tidak besar sehingga tidak membayakan bagi pengunjung yang menceburkan diri dipantai ini, apalagi kadar garamnya tidak terlalu tinggi dan tidak memerihkan mata. Itulah sebabnya setiap hari minggu lokasi pantai ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung baik itu hanya sekedar berjalan – jalan sambil merasakan halusnya pasir maupun menikmati ‘ramahnya’ air laut sambil bercanda dengan keluarga atau kawan sepermainan.


Nah, jika sudah merasa cukup bermain air laut, sahabat memerlukan segarnya air tawar. Jangan khawatir, cukup berjalan melintasi jalan negara maka sahabat akan menemukan tempat pemandian air tawar yang segar. Air yang diadopsi dari mata air pegunungan itu akan membuat tubuh sahabat bersih dari kadar garam sekaligus menyegarkan badan.

Pantai Pasir Putih bersebelahan dengan lokasi pemandian ini, lokasi pemandian tersebut sangat strategis letaknya yaitu berada dipinggiran jalan Negara yang menghubungkan antara Tapaktuan - Banda Aceh dan Tapaktuan - Sumatera Utara. Persisnya berada dipinggir jalan sahabat….
Setelah itu, jangan lupa singgah dan menikmati kuliner khas Aceh Selatan yang menantang lidah berdendang ya.  Ada beberapa rumah makan berdiri disekitar pantai putih dan sahabat bisa memilih tempat yang disukai. Menikmati panorama alam memang sebaiknya harus disertai dengan merasakan masakan khas didaerah itu juga sehingga liburan pun akan memberikan kepuasan tersendiri.

Mudah – mudahan jika ada kesempatan berkunjung ke Aceh Selatan, silahkan mampir juga di Pantai Pasir Putih samadua sob.

Sumber Image : Google dan www.acehselatan.go.id

SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS, BAGAIMANA PENDAPATMU..

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

9 >>Komentar :

  1. mudah2an saya juga bisa berkunjung kesana bang jadi bisa melihatr secara langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak. Memang dengan menghampiri barulah kita bisa menilai sendiri. semoga....

      Hapus
  2. Pernah dua kali nongkrong disitu dengan keluarga. salut dengan pasirnya yang sangat lembut itu. mudah2an pemko aceh selatan lebih peduli akan potensi yang ada dipantai tersebut. salam dari warga tapaktuan bang. Anwar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja demikian bang, setidaknya dengan peran aktif dr pemerintah, objek wisata pasir putih itu akan semakin cemerlang kedepannya sekaligus mampu membuat wisatawan datang berkunjung ke daerah kita

      Hapus
  3. Mudah-mudahan ada yg mau jd sponsor jalan-jalan ke Aceh agar bisa main ke pantai Samadua...#ngarep poll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... aku ikut me aminkan saja ya mbak. mudah2an terkabul

      Hapus
  4. kapan ya bisa keliling negeri ini, terus terusan diiming iming sama beberapa blogger di seluruh nusantara ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negeri kita kaya akan pesona Alam mas, ku rasa perlu waktu setahun deh untuk menikmati semuanya hingga habis. seperti yang kukatakan pada mbak Ririe, bahwa akucuma bisa mendoakan saja lah keinginan mas boll tersebut. semoga kesampaian

      Hapus
  5. Aiih... pantainya cuantiik :)
    Semoga suatu saat bisa langsung menikmati keindahan itu.. Aamiin..

    BalasHapus

Silahkan Beri Tanggapanmu Tentang Post diatas ^_^