Slider

VIDEO

BLOGGING NOTE

KULINER

SEJARAH

ACEH SELATAN

S O S O K

Gallery

» » » Pesona Wisata Aceh Selatan


Setiap hari Minggu, sejumlah objek wisata di Kabupaten Aceh Selatan, ramai didatangi pengunjung. Mereka umumnya berasal dari wilayah Pantai-Barat Selatan Aceh, seperti Abdya, Nagan Raya dan sejumlah kabupaten/kota lain di wilayah pantai barat-selatan Aceh.

Kawasan-kawasan yang menjadi incaran wisatawan lokal di Aceh Selatan di antaranya, Pemandian Tingkat Tujuh, Pemandian Panju Pian, Pemandian Air Dingin, Kolam Aroya Lhok Bengkuang, dan sejumlah objek wisata lain, sedangkan tempat wisata kuliner yang paling diminati pengunjung yakni Rindu Alam Café dan Rumah Makan Pantai Putih. 
Yuk kita lihat sekilas beberapa tempat yang indah itu.

1. Pemandian Tingkat Tujuh
Menurut Legendanya pemandian tingkat tujuh adalah buatan daripada sepasang Naga yang menyekap Putri bungsu. Pemandangan disini sangat indah dengan hijaunya hutan serta segarnya udara pegunungan. Sementara itu jika sahabat suka berbasah – basahan, maka keinginan itu akan terpuaskan dengan segarnya air terjun dari mata air. Semua masih sangat alami. Jika sahabat ingin melihat suasana kota tapaktuan dari atas, silahkan berdiri saja dipuncak bukit ini.


2. Pemandian Air Dingin

Pemandian air dingin, begitulah sebutan kawasan wisata yang terletak di desa Lhok Pawoh, Kecataman Sawang, Kabupaten Aceh Selatan. Objek wisata yang tiap harinya ramai dikunjungi masyarakat setempat maupun pendatang ini memiliki area pemandian yang luas, air yang dingin serta panorama alam pegunungan yang indah dan memberi kesegaran.

Obek wisata yang berlokasi sekitar 30 kilometer dari Kota Tapak Tuan ini merupakan salah satu tujuan wisata utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain mudah dijangkau karena bertempat di pingiran jalan raya Balang Pidie- Tapak Tuan, di kawasan ini juga terdapat sejumlah rumah makan dan cafe yang menyediakan berbagai ragam makanan dan minuman serta mushalla yang bersih dan terata rapi. Kawasan pemandian air dingin juga hanya berjarak 100 meter dari pesisir laut yang berpasir putih. Sehingga bagi pengunjung yang ingin mandi dan menikamati panoraman laut akan dengan mudah menjangkaunya.


3. Kolam Aroya Lhok Bengkuang

Posisinya sekitar 2kilo dari kota Tapaktuan biasanya tempat ini ramai ketika hari libur dan hari besar islam tapi jangan coba - coba datang pada hari jum’at karena kolam ini akan di bersihkan.



4. Pemandian Ie Sijuk Panju Pian

Objek wisata Ie Sejuk di Desa Panjupian yang terletak sekitar 6 km dari Tapaktuan ibukota Kabupaten Aceh Selatan, semakin digemari masyaraka, sebagai tempat tujuan berdarmawisata bersama keluarga dan handai tolan, terutama pada hari-hari libur.

5

Lokasinya terletak dikaki bukit berdekatan dengan jalan Negara menuju propinsi Sumatera Utara dari Banda Aceh melalui jalur Barat Selatan propinsi Aceh. Dari Tapaktuan melalui satu bukit ke lokasi dengan pemandangan panorama alam nan indah.

Penataan dengan memanfaatkan air sungai yang sejuk bening itu, dengan pembuatan kolam-kolam pemandian yang dilengkapi dengan pondok-pondok wisata, warung, tempat solat dan berbagai fasilitas public lainnya. Perancangan sedemikian rupa sehingga utuh menyatu dengan alam. Saat ini tercatat 2.000 hingga 3.000 orang setiap bulannya berwisata kesitu. Jumlah ini terus mengalami peningkatan secara pesat.

5. Pantai Air Dingin

Pantai air dingin terletak di kecamatan samadua, Aceh Selatan. jarak tempuh sekitar 17 Km dari kota Tapaktuan. pengunjung yang datang tidak hanya masyarakat setempat saja, akan tetapi dari luar pun juga banyak yang datang ke pantai tersebut.Biasanya pantai ini ramai pada akhir pekan.



6. Pemandangan Alam Lawuik Bangko

Wisata Danau Lawuik Bangko berada di Desa Ujung Padang, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan. Wisata Danau Laot Bangko memiliki keindahan dan daya tarik panorama alam danau yang khas dan masih alami serta didukung dengan panorama alam pegunungan hutan hujan tropis yang masih asli. Sahabat akan bertemu dengan beberapa margasatwa seperti orang hutan yang pintar, buaya, dan beberapa margasatwa dilindungi lainnya.

Wisata Danau Laot Bangko ini menjadi satu-kesatuan dengan wilayah pengembangan  wisata dengan Rantau Sialang. Kondisi jalan menuju lokasi Danau Laut Bangko sudah baik dan dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari Tapaktuan (ibukota Kabupaten Aceh Selatan) dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam atau sekitar 90 kilometer. Selanjutnya untuk menuju kawasan Danau Laot Bangko dilanjutkan dengan berperahu menyusuri sungai selama 8 jam.

Belum terdapat fasilitas pendukung wisata di lokasi ini, sehingga pengunjung yang datang biasanya pulang hari atau tidak bermalam. Untuk akomodasi wisata terdapat di Kota Tapaktuan.

sumber: media aceh selatan

SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS, BAGAIMANA PENDAPATMU..

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Silahkan Beri Tanggapanmu Tentang Post diatas ^_^