Slider

VIDEO

BLOGGING NOTE

KULINER

SEJARAH

ACEH SELATAN

S O S O K

Gallery

» » Setidaknya Aku Puas

Dalam hal merawat blog, disamping melakukan tugas dasar sebagai blogger aku juga punya semacam ‘penyakit’ yang bernama penasaran yang membuatku selalu ingin mencoba sesuatu yang berkenaan dengan dunia blogging. Apa itu? jawabnya edit template. Mengedit template sebenarnya bukan pekerjaan yang mengasyikkan buatku karena diperlukan konsentrasi dan pemahaman tentang kode – kode yang bakal di edit. Bagi seorang blogger dadakan sepertiku ini melakukan edit html dan javascript (js) selalu saja kesulitan dan hasil buruknya yakni sudah dua blog  pecahan dari cangkir kupi yang ‘dikorban’kan sebelum mendapatkan hasil yang
memuaskan seperti sekarang. 

Pernah seorang teman sewaktu ngopi di sebuah warkop ngedumel melihatku asik – asik-an dengan kode – kode html itu. Namun dengan santai aku menjawab bahwa bila aku tidak belajar kenal dengan html dan saudara – saudaranya, rasanya tak puas hati ini menjadi blogger yang cuma tau menulis dan blogwalking saja. Walaupun blogku ini hanya menjadi anak bawang nantinya, setidaknya aku sudah pernah belajar edit template dan  merasakan judesnya css dan js itu. Setelah mendengar penjelasanku, si teman melanjutkan minum kopinya sambil mengangguk – angguk. ( hmm... kira – kira bisa gak ya ngopi sambil angguk –angguk..?)

Blogger akan dikenali orang karena tulisannya bukan karena keindahan blognya.
Tapi gak ada salahnya apabila kedua elemen itu bisa selaras...

Sudah lihatkan tampilan blog ini sekarang? terlihat perbedaan warna yang mencolok jika dibandingkan dengan empat hari yang lalu dimana warna yang dominan di blog ini adalah putih dan hitam. Sekarang blog ini dominan berwarna biru dan putih, alasannya aku memilih biru karena aku merupakan lelaki yang dibesarkan didaerah pesisir dan sangat akrab dengan birunya lautan. Sementara untuk warna latar postingan dan sidebar aku masih bertahan dengan warna putih karena warna tersebut sangat cocok dijadikan latar pada sebuah tulisan. Perlu diketahui bahwa blog ini merupakan template lama yang diluncurkan google pada tahun 2006 lalu namun sudah dimodifikasi css dan js nya sehingga tampilannya cantik dan powerfull. Untuk proses pengeditannya sendiri tidak bisa dilakukan dengan perancang template yang disertakan pada template baru google sekarang sehingga harus manual dalam mengubah warna, font size, font, kolom dan letak widget agar hasilnya baik.

Template asli Bamz Magazine yang digunakan blog Cangkir Kupi
Template ini bernama Bamz Magazine Blogger kudapat di blognya mas Bamz yang menyediakan beberapa template SEO friendly yang ringan dan siap pakai. Sebenarnya sudah sangat bagus dengan fitur –fitur yang disematkan dalam template tersebut akan tetapi aku kurang puas sehingga kumat lagi penyakit edit template itu. Ada beberapa yang membuatku kurang puas yakni tampilan blog yang menggunakan Image Slider sehingga terkesan mubazir dan memberatkan loading blog, jenis font dan ukurannya tidak cocok dimataku sehingga akhirnya diedit, penempatan Social media (facebook, twitter, rss) memakan space sidebar sehingga kuhapus  apalagi disidebar sudah tersedia widget social media yang sudah terprogram. 
 
Bagian lain yang membuatku kurang puas yakni pada setting komentar yang menggunakan setting lama dan tidak mendukung jika terjadi diskusi sehingga terjadi juga edit css dibagian itu dan hasilnya  blog ini sekarang sudah menggunakan komentar bertingkat seperti form komentar di wordpress dimana admin bisa langsung membalas dibawah tulisan komentator sekaligus bisa menambah komentar dibawahnya lagi secara berjenjang. Khusus untuk mas Bamz, aku minta maaf karena sudah lancang mengedit template ini sehingga tidak seperti semula lagi. 
Komentar berjenjang, mirip wordpres kan?
Blog ini menggunakan dua kolom dan kolom sidebar berada disebelah kanan. Pada mulanya warna pada banner widgetnya berwarna hitam lalu aku robah lagi menjadi biru sehingga singkron dengan warna tab halaman dibawah header dan pada warna diatas header sementara itu penempatan judul widget yang dulunya rata kiri sekarang berada ditengah dan nampak teratur. Untuk saat ini aku merasa puas dengan komposisi template ini serta warna yang ada dan tidak tertutup kemungkinan pada suatu saat nanti bakal diedit kembali. Jiaah.... mana tau kumat lagi penyakit penasaranku. heheehe... 

Nah sahabatku yang sudah singgah disini aku minta komentarnya tentang komposisi warna, seharusnya warna apa yang kupakai untuk menemani warna latar putih, apakah dengan kombinasi warna biru dan putih membuat mata sahabat nyaman? atau mungkin juga ada keluhan lain yang didapat tatkala sahabat berkunjung ke blog ini. Mohon dishare ya sehingga aku akan memperbaiki kekurang nyamanan tersebut

SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS, BAGAIMANA PENDAPATMU..

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

52 >>Komentar :

  1. Untuk masalah warna, no comment, untuk keluhan lain ada sob!
    setiap kali aq berkunjung ke blog ini, artikelnya enak dibaca, cuman cangkir ama kopi nya gak pernah adaa....wkwkwkwkk!!!
    KEEP BLOGGING SOB!

    BalasHapus
  2. @Bung PenhoHahaha... cangkir kupi nya sedang dicuci sob, makanya gak dimunculkan. syukurlah kalau kombinasi warna tidak menjadi masalah.

    BalasHapus
  3. Enak kok mas diliatnya.
    Nggak ada keluhan.
    Eh ada. Link blogku ga ada di friends blog ahahaha piss :P

    BalasHapus
  4. itu napa di gbr ada saya pa'e...musti bayar royalti tuh, yah setidaknya pisang salai aja :D

    BalasHapus
  5. @mimi RaDiAleh iya lupa, boleh minta ilmunya cara design komentar begini pa'e ? kalo boleh,,kalo engga jg paling "ulekan" hehe

    BalasHapus
  6. Memang terjadi banyak perubahan sahabat dari terakhir mengunjungi blog sahabat ini.
    Tambah enak dilihat serta ringan juga loadingnya.Blog saya masih terasa berat.Tak cek sekitar 82 lah kecepatan loading.

    Selamat telah mengedit tempaltenya.Di tempat saya juga beberapa telah diedit kembali

    BalasHapus
  7. Benar sekali Aduen, aku juga mau ganti tampilan tapi belum ada yang cocok di hati ^^

    BalasHapus
  8. Sudah bagus ini...
    Warnanya adem, fontnya juga enak dibaca

    BalasHapus
  9. Hebat emang kang dmilano. Blog punyaku juga hancur karena percobaan css dan javascript. Css yang aku gunakan hasil editan dan sesuai dengan lebar website doang. Nggak mendukung kebawah. Jadinya template dan backgroundnya bertumpukan. Javascript banyak yang sudah kadaluarsa, solanya ane memanggil javascript bukan menempatkannya didalam blog langsung.

    bagus kang tampilannya, ijin nyontek buat tak pelajari. Nggak di proteksi kan kang? He..he..

    BalasHapus
  10. blog aku juga pada hancur isinya bang karna hobby yg ngotak atik sana sini smpe ujungnya2nya bang tampilan posting entri bruku da ngk bisa masuk di dasbor.
    mohon bntuannya bang..

    BalasHapus
  11. mirip facebook ya bitu putih, tapi pemilihan warna memang tergantung selera dan bisa jadi ada sejarahnya dibalik pemilihan tersebut.. dan sejauh mata memandang masih enak aja kok :-D

    setidaknya jadi tahu dan menambah ilmu ya mas..

    BalasHapus
  12. Kalau saran masalah warna, sebaiknya kembali ke selera pemilik blog aja, Dmilano. Saya nyaman kok baca tulisan dengan tampilan baru ini :)

    Eh, jangan-jangan saya komen kayak gini karena nggak paham ya, hehe, blog saya sudah 3 tahun tidak pernah ganti tampilan karena memang tidak pernah dicoba diutak-atik. Takut malah jadi hilang...

    BalasHapus
  13. wah biru putih udah adem kok. . . . .

    kunjungan pagi ahhh. . . da orangnya ndak ya. . .

    BalasHapus
  14. hahaha..v juga sering gonta ganti template di blogspot,,tapi gak pernah berhasil xixixi

    BalasHapus
  15. betul bang, contohnya blog ini walaupun baru sudah tenar ya hehehe

    BalasHapus
  16. @Tebak Ini SiapaIya mbak una, linknya belum ada, kalau begitu saya adakan dulu ya....

    BalasHapus
  17. @ezonk aiezaKalau demikian adanya, aku semakin puas dengan hasil tersebut

    BalasHapus
  18. @mimi RaDiAlSekali kali pa'e jadikan bu'e sebagai model di cangkir kupi kan gak apa - apa toh...

    BalasHapus
  19. @mimi RaDiAlBoleh aja bu'e, yang penting martabak rasa tempe jangan sampe lupa dihidangkan... xixixi

    BalasHapus
  20. @Blog Keperawatan82 itu masih ringan loh sob, kalau blog ini malah 120 beratnya. hehehe..

    BalasHapus
  21. @Fahrie SadahYang penting cari sesuai selera aja bang... hahaaha, aku sedang nyoba etit template gaya aceh sekarang. mudah2an berhasil

    BalasHapus
  22. @marsudiyantoTrimakasih ya pak Mars sudah nyempatin hadir dan memberi penilaian

    BalasHapus
  23. @HP Yitno Ah kang yitno bisa aja, aku cuma ngedit yang sudah jadi loh. Kalau disuruh buat template dari awal belum tentu aku bisa. lagian hasil begini kudapat dengan mengorbankan dua blog lainnya. betul2 lelah kita dengan css itu.

    BalasHapus
  24. @HP YitnoSilahkan jika ingin dipelajari, template ini sama sekali tiada diproteksi apapun kang

    BalasHapus
  25. @Aiinizza anggrianiSebaiknya sebelum edit template disimpan dulu template aslinya untuk jaga - jaga. kalau blog ku yang rusak itu memang disengaja supaya eksperimenku berhasil

    BalasHapus
  26. @Selaksa KataBetul itu, aku bereksperimen begini sekalian untuk mengenali blogspot. Seru deh pokoknya kalau belajar css...

    BalasHapus
  27. @Bintang Sebenarnya jika di simpan dulu template aslinya gak bakalan hilang blog mu mbak, setelah disimpan lakukan pengeditan agar sesuai selera. hehehe....

    BalasHapus
  28. @Susu Segar Mantep deh kalau sudah adem dimatamu sob :)

    BalasHapus
  29. @saptriyawatiMudah2an gak kapok ya vi, tapi sekali kali harus berhasil dong... hahaaa

    BalasHapus
  30. @Lidya - Mama PascalTenar...?? masa si mbak? tapi kalaupun demikian semua itu karena warung blogger yang membuat hubungan para blogger seperti keluarga saja.

    BalasHapus
  31. mampir di blog yg baru di "cat" ini ah.. hehe.. Kl mnrt sy sih udah bagus kok tampilannya :)

    BalasHapus
  32. @ke2naitrimakasih mbak.... mudah2an dengan warna biru putih ini akan membuat kita betah

    BalasHapus
  33. @dmilanosiplah...ini nagih janji loooh, mana ilmunya ??? plisssss :(

    BalasHapus
  34. sepertinya emang udah pas semuanya kok sob, lodingnya juga cepet banget, jadi ngiri saya, tapi saran aja ya, ini juga kalo bloeh, mungkin navbarnya di hiden aja deh, biar maknyus gitu, hehe tp gak wajib kok :D

    BalasHapus
  35. huehe. g papa mas, namanya juga ber kreasi sekalian kan bisa belajar memahami template. kalau sudah bisa edit sndiri brati mz sudah bisa menguasai template yang digunakan :). kalau blum menguasai bisa repot kalau pas terjadi kesalahan pasti bingung iyah kan :)

    BalasHapus
  36. @Stupid monkeyberarti navbarnya nampak ya, kemaren sih sudah dipenjara bentar tapi berhubung kelakuannya sudah baik makanya kulepas semntara sob, hehehe... trim masukannya akan difikirkan gimana baiknya

    BalasHapus
  37. @BamZ GzAku masih belum mengusai benar template ini mas, masih sering ngintip2 ke blognya mas bamz jika terjadi sesuatu yang membuat mataku gak enak liat template ini.

    BalasHapus
  38. blog luar negeri umumnya pakai font warna hitam dan background putih... mereka ga banyak main warna, krn fokus di konten

    BalasHapus
  39. Mantabs, terus belajar dan teruskan, saya ngintip aja dech

    Lama tidak berkunjung ternyata banyak perubahan

    BalasHapus
  40. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

    BalasHapus
  41. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    BalasHapus
  42. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  43. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  44. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  45. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  46. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  47. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  48. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  49. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus

Silahkan Beri Tanggapanmu Tentang Post diatas ^_^