Slider

VIDEO

BLOGGING NOTE

KULINER

SEJARAH

ACEH SELATAN

S O S O K

Gallery

Salam,
Diawal tulisan, saya mengucapkan terima kasih pada admin yang telah mengundang saya untuk menjadi penulis tamu di blog Cangkir Kupi ini. Semoga sehat selalu dan senantiasa mendapat perlindungan Allah SWT. Tulisan saya ini mengenai premanisme dalam kemasyarakatan atau saya beri judul dengan "Preman"

Saat sekarang masyarakat sering dihadapkan pada beberapa aksi premanisme yang dinilai sudah sangat mengganggu rasa aman dan rasa nyaman. Tidak hanya dengan sembunyi - sembunyi mereka mengganggu, merusak dan merampas tapi sekarang sudah secara terbuka dan kerap berlangsung didepan umum tanpa dapat dicegah. Dulu sosok preman itu identik dengan wajah sangar, pembawaannya garang dan bengis dan ada juga yang (sebagian) brewokan namun sekarang para pelaku premanisme sudah banyak yang berpakaian rapi walaupun item - item warnanya dan ada juga yang berpakaian putih - putih dan sepintas lalu terkesan sebagai kelompok massa yang agamais.

Melihat banyaknya preman yang berkeliaran dinegeri ini, penulis sudah mengelompokkan mereka ke beberapa tipe preman yang ada diindonesia.
  • Preman Tulen, preman tipe ini kesukaannya mabuk - mabukan, biang keributan ditengah masyarakat dan suka memeras orang dengan kekerasan. Preman tipe ini biasanya tersebar di stasiun pemberangkatan, pusat pasar, jalan umum dan sering kita jumpai di gang- gang kota.
  • Preman Berseragam, preman tipe ini biasanya mewakili sebuah perusahaan besar dan menengah. Biasanya mereka akan menguasai lahan tertentu atas suruhan bos mereka. Dalam menjalankan tugasnya mereka sering menggunakan pakaian yang seragam.
  • Preman Elit, preman tipe ini adalah para dept collector yang berada dalam naungan perbankan negara kita. Kredibilitas mereka legal dan diakui oleh undang - undang sehingga apabila mereka melakukan suatu tindakan yang merugikan nasabahnya tapi menguntungkan perusahaannya maka mereka kerap dilindungi oleh perusahaan tempat mereka bekerja.
  • Preman Organisasi, Preman tipe ini kerap melakukan aksi - aksi yang anarkis seperti merusak sebuah tempat yang diklaim sebagai tempat maksiat secara berkelompok. Keberadaan mereka juga sama seperti preman elit yang diakui oleh undang - undang keorganisasian.
Dari keempat tipe preman diatas yang paling sulit untuk ditindak adalah 'preman elit' dan 'preman organisasi' karena keberadaan mereka selaras dengan undang - undang negara indonesia. Terlepas dari aksi dilapangan, dua jenis preman ini legal dinegara kita dan mendapat perlindungan dari perusahaan dan organisasi tempat mereka bekerja. 

Di media massa sering kita mendengar bahwa baik itu aksi preman elit maupun preman organisasi seringkali membuat masyarakat takut dan resah, itu semua disebabkan oleh perbuatan mereka yang keras, kejam dan anarkis sehingga tak jarang disurat kabar terdapat berita mengenai korban penganiayaan yang dilakukan oleh 'oknum' preman elit dan kerusakan - kerusakan yang disebabkan oleh gempuran 'oknum' preman organisasi.
 
Yang sering dijadikan pertanyaan oleh masyarakat adalah, dimanakan keberadaan polisi disaat kejadian itu berlangsung dan apakah kepolisisan mau serius bersikap tegas terhadap aksi premanisme yang berkedok sebagai dept collector misalnya dan yang berasal dari organisasi massa?

Idealnya kepolisian sebagai lembaga yang bertugas untuk mengayomi dan memberi rasa aman pada masyarakat sudah waktunya melaksanakan tindakan yang cerdas dan tegas untuk memerangi aksi - aksi premanisme yang berkembang dalam kehidupan masyarakat jika kredibilitas kepolisian tidak mau diremehkan oleh siapapun jug  sebab alangkah malunya jika aparat keamanan dinegeri ini tidak mampu melaksanakan tugasnya sebagai pengayom dan pemberi rasa aman pada masyarakat. Jika hal ini terus berlanjut tentu saja kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian semakin tipis dan akhirnya premanisme semakin merajalela.

Penulis: Suhaimi, S.Sos.
Aktivis Sosial Aceh

SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS, BAGAIMANA PENDAPATMU..

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

81 >>Komentar :

  1. salam kenal mas penulis....
    kalo preman berdasi termasuk golongan yg mana mas ?? banyak nih dimari,,,susah numpasnya :(

    BalasHapus
  2. hmm, alhamdulillah belom pernah berurusan sama preman walaupun dulu pernah kuliah di bandung yg premannnya pada tulen tulen.. mungkin, polisi jg takut sama mereka. hehehe

    BalasHapus
  3. Preman wow sangat mengerikan..
    Aku tuh paling takut sama preman tulen,yang suka mabuk-mabuk gitu deh..karena mereka ga sadar..takut melakukan hal-hal yang tidak baik..

    yang penting jangan mengganggu preman aja deh,biar aman..

    BalasHapus
  4. Preman = Free Man=Orang yang bebas dan kurang bertanggun jawab,,preman timbul karena kurangnya lapangan kerja yang ada saat sekarang ini.

    BalasHapus
  5. sepertinya hukum sudah mulai berat sebelah-bahkan untuk hal2 yang kerap terjadi di lingkungan masyarakat aja sudah tidak tersentuh

    BalasHapus
  6. @mimi RaDiAl Mas penulisnya sudah pulang Bu, kujelaskan ajalah ya, yang berdasi dikantoran itu bukan preman namanya Bu, tapi mafia berdasi. Beda cara operasionalnya lho

    BalasHapus
  7. @Meutia Halida Khairani Harus disyukuri ya mbak, gak enak banget kalau ketemu dengan salah satu dari mereka. Geram dan jerih bercampur aduk...

    BalasHapus
  8. Aku jadi tahu 4 kelompok preman :)
    Salam kenal untuk penulis tamu ...

    BalasHapus
  9. ada preman yang berhati emas gak bang :D
    eh tapi sekarang ada (bekas) preman yang lagi koar2 di media untuk nyalonin temennya untuk jadi capres ehehehehe

    BalasHapus
  10. @Mama Olive Lebih baik menghindar saja kalau ketemu dengan mereka mbak.... gawat kalau sampai jadi sasaran mereka

    BalasHapus
  11. @Abed Saragih Betul sekali bang, itulah penyebab premanisme ini berkembang

    BalasHapus
  12. @Ajeng Sari Rahayu Supaya jadi aman kan lebih baik kita lebih mengingatkan aparat hukum kita agar menindak lanjuti aksi aksi premanisme yang terjadi disekitar kita agar ruang lingkup mereka jadi terbatas

    BalasHapus
  13. @Yunda Hamasah Penulis tamunya sudah pulang tuh mbak yunda, hehehe... menurut dia itulah beberapa tipe preman yang ada diindonesia

    BalasHapus
  14. @nicampereniquePreman berhati emas cuma ada disinetron aja mbak Ni, dalam kehidupan kita sangat jarang terlihat.
    Kalau mengenai yg sering koar koar dimedia ntu, aku gak mau ikut campur ah, takut masuk tipi. xixixii...

    BalasHapus
  15. Indonesia emang baru lepas dari masa Orde Lama & Orde Baru. sekarang Era Reformasi, dimana masyarakat kita menjunjung tinggi Demokrasi. cuman, karna baru lepas and lagi belajar, akhirnya justru masuk kedalam Era "DEMO and CRAZY". semua pengennya seperti Malaikat Penolong tapi pada akhirnya malah jadi Malaikat Pencabut Nyawa & Harta.!! begiu kira2

    BalasHapus
  16. Tetapi sepertinya preman sesuai namanya sudah dalam konotasi negatif sahabat sehingga 4 jenis preman tersebut pun tidak baiklah...

    Terima kasih sharenya sahabat.
    Mohon maaf, koreksi saja sahabat,Sepertinya link Blog Keperawatan tertukar anchor textnya dengan Blog Pendidikan apa yah...?
    Hanya koreksi saja sahabat.Terima kasih

    BalasHapus
  17. Makin lama negeri kita makin akrab dengan premanisme. Tiap dengar atau baca berita, slalu diawali dengan aksi kekerasan aka premanisme

    BalasHapus
  18. preman...dari ke empat kelompok di atas kayaknya semua identik dengan ke sangaran dan kekerasan yah...serem nge bayanginnya kalo musti berurusan dengan preman ya.

    BalasHapus
  19. @Bung PenhoPerkiraan Bung Penho masuk akal kok. Itulah realitanya.

    BalasHapus
  20. @Blog KeperawatanKebiasaan dalam masyarakat kita selalu saja berkonotatif perihal preman itu sob. Asal disebut preman pasti divonis sebagai pribadi yang buruk.
    Ohya mengenai link sudah diperbaiki, memang ada kekeliruan. Mohon dimaafkan

    BalasHapus
  21. @marsudiyantoBegitulah pak negeri kita ini. Sejak dari sekolahan pun premanisme itu sudah terbina dengan sendirinya dan terkadang luput dari perhatian kita.

    BalasHapus
  22. @Mami Zidane Sebaiknya jangan sampai berurusan dengan mereka deh mbak,... hehehe

    BalasHapus
  23. @dmilanoTerima kasih sahabat...tidak apa-apa.
    Saya juga seringkali keliru juga kok.

    BalasHapus
  24. Sepertinya preman Elit dan Berseragam di negara kita sudah berubah menjadi campak..Yang kalau tak dibasmi akan menggerogoti kesehatan bangsa sedikit demi sedikit yang akhirnya membawa kematian. Cuma gimana cari vaksinnya yah, karena sepertinya agama tak mempan?

    BalasHapus
  25. nih ada preman coklat. . . . kerjanya niupin peluit aja dipinggir kjalan. . . malakin orang2 pake kendaraan. .

    BalasHapus
  26. @Jurnal TransformasiAku juga gak paham vaksin apa yang mesti digunakan agar penyakit tersebut segera disembuhkan,..

    BalasHapus
  27. wah manteb juga nih Kang blog ini ada penulis tamunya segala. Semoga semakin berkembang dan menjadi percontohan blogger aceh.
    Kalo preman diartikan sebagai sebuah profesi yang mendholimi orang lain dengan mengandalkan kekuatan fisik dan kesombongan, maka menurut saya bukan hanya 4 kategori diatas saja, bisa lebih luas dari itu, bahkan terkadang kita sendiri yang tidak dicap sebagai preman, terkadang memiliki sikap seperti preman.

    BalasHapus
  28. preman.. prei makan ajah deyh om, takut kalau ketemu preman beneran..xixixix... :D

    salam kenal buat yang nulis yaa Pak Suhaimi :D

    BalasHapus
  29. Gimana polisi mau menindak preman elite dan preman organisasi, wong dibalik itu semua, dekengan mereka juga polisi. Nggak tanggung-tanggung, backingan-nya polisi berbintang berapa tuh?

    BalasHapus
  30. Repotnya, preman sekarang kan mitra petugas bang.
    atau memang petugas yang berlagak preman, sulit dibedakan.. ckckck...

    semoga ktia semua terhindar dari aksi dan sikap premanisme..

    tulisan yang keren bang.. :)

    BalasHapus
  31. preman2 indonesia mukanya serem2.
    lah kalo tampang mereka bang kayak boy band korea gtu yah pasti okeh2 aja heheheh
    bgus bang post ini :)

    BalasHapus
  32. @Susu Segarhehehe,.... kalau gak dikasih biasanya ngejar pula ya sob?

    BalasHapus
  33. @DjangkiesAlhamdulillah sudah dua penulis tamu yang sudi memberikan tulisannya di blog cangkir kupi pak hingga saat ini. Kita juga sebenarnya kerap menjadi preman lho pak ies, tapi kapasitasnya hanya kadang2 dan efek sampingnya pun gak terlalu membuat kita dicap sbg preman.

    BalasHapus
  34. @Niar Sri Sadono Ningrum Hehehe.. jadi arti preman itu mneurut niar prei makan ya..? ada aja. makanya kudu waspada ajalah kalau sedang diluar rumah ya

    BalasHapus
  35. @HP YitnoJika gitu kenyataannya memang sulit untuk menindak lanjuti aksi premanisme itu ya kang.

    BalasHapus
  36. @advertiyhaKebetulan yang nulis bukan aku mbak Iyha, hehehe...

    BalasHapus
  37. @Aiinizza anggrianiKalau premannya alay semua, gimana nakut-nakutin orang lain ? hehehe

    BalasHapus
  38. walah... ada yaa preman yang selaras dengan uu di indonesia? mungkin di balik aja kali yaa, preman2 itu buat penegak keadilan, bisa ga yaa *ngasal

    BalasHapus
  39. preman elit itu mafia kali yak lebih tepatnya.. Tapi emang orang orang kaya sekarang lebih suka membayar jadi preman untuk melindungi dia kalau melakukan transaksi daripada polisi. Urusan dengan polisi kan ribet, lagian belum tentu aman juga kalau sama polisi mah :P

    BalasHapus
  40. Preman berdasi itu tidak terlalu parah Bang, yang harus diperhatikan preman tinta. He...x9

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  41. wah ada preman elit..baru tahu itu kata lain dari debt collector. hehee

    BalasHapus
  42. Wah...kena nih :(
    Preman, kalau gak salah berasal dari kata Freeman, orang yang bebas tiada ikatan. Seperti aku, mungkin termasuk freeman, tapi bukan preman....jangan sampai dah.

    BalasHapus
  43. Yang paling menyeramkan menurut saya adalah saat pengerahan massa. Ada tukang ojek atau buruh, tiba2 berubah menjadi pendukung suatu kelompok atau seseorang. Yang bukan preman, malah tindakannya ngalah2i preman...

    BalasHapus
  44. Ada juga yang sok ke-Preman-premanan, enaknya diapain ya? ..^^

    BalasHapus
  45. ini adalah salah satu akibat dari ketidaktegasan-nya pemerintahan dalam menegakkan hukum yang berlaku..dan juga akibat semakin menguat-nya sifat individualisme yang muncul di kota-kota besar

    BalasHapus
  46. sekarang anak2 kecil jg udah punya sifat premanisme
    anak2 yg suka maen diwarnet tmn saya pada sok jagoan >.< gimana besarnya

    BalasHapus
  47. jangan kan di kota kota besar,dikampung kecil yang notabene tetangga meraka adalah saudara sendiri aja seringkali menjadi korban premanisme. Haduuuw......andaikan saja ini pemerintah seperti pak Har**,masalah premanisme mungkin tidak akan meraja lela seperti ini yah....

    BalasHapus
  48. @Indra Kusuma Ah iya, ini ada satu kategori lagi, preman tinta. efeknya tidak kalah besar dibanding keempat kategori preman yang sudah disebutkan.

    salam kenal untuk penulis tamu.
    salam hangat untuk bang Dmilano dan keluarga. Seminggu nda sempat blogwalking, rasanya banyak ketinggalan informasi.

    BalasHapus
  49. @@yankmiradibisa - bisa kan sih boleh juga mbak, namun aksi mereka kalau premanistis kan tetap preman juga pangkalnya

    BalasHapus
  50. @nieekira kiranya seperti itulah... biasanya mereka yang disewa oleh suatu badan atau perusahaan gitu

    BalasHapus
  51. @Indra KusumaSaya gak tau kenapa preman tinta tidak dimasukkan kedalam tipe preman yang ada diindonesia oleh penulis

    BalasHapus
  52. @Abi SabilaAlhamdulillah berkat doanya saya sehat2 saja mas Abi, mudah2an saja mas abi juga demikian. Iya nih saya lihat postingannya masih postingan yang lalu

    BalasHapus
  53. @die Hahahaa... aku gak nuduh lho mas...

    BalasHapus
  54. @kakaakinMungkin itu preman kambuhan mbak... mungkin.

    BalasHapus
  55. @Fahrie Sadahenak nya dimandiin sama air paret bang, hahahaa

    BalasHapus
  56. @BlogS of HariyantoSaya menilai sih semua itu karena kekurang tegasan aparat kita sob...

    BalasHapus
  57. @de hoppusBelum tentu juga premanisme akan tiada jika dizaman pemerintah yang dimaksud, sebab akibat perkembangan zaman sulit ditebak bagaimana akibatnya

    BalasHapus
  58. betul, ayo pak polisi brantas premanisme

    BalasHapus
  59. ada ga y... preman romantis pak, xixixii

    BalasHapus
  60. @Lidya - Mama Pascal Semoga pak polisi semakin giat dalam memberantas praktek premanisme dalam negeri kita mbak, sudah sangat meresahkan rasanya

    BalasHapus
  61. @irmarahadianAda, tapi tunggu di insyaf dulu, hehehe

    BalasHapus
  62. @dmilano iya. . . bener banget bang. . . pakek ngotot segala hehehehe

    BalasHapus
  63. jaman sekolah dulu nay suka malak temen2, di sebut preman apa yee...hihiii *sstt...diem2 aje ye :D

    BalasHapus
  64. Kalo polisi itu termasuk preman berseragam bukan ya, Mas? Kayaknya iya deh, hehehe

    BalasHapus
  65. @Naya
    Elbetawi
    Ntu yang disebut preman sekolahan nay, hahaha

    BalasHapus
  66. @Wury Wah itu aku kurang tau mbak, soalnya gak mau nuduh ah,....

    BalasHapus
  67. @Susu SegarHahahaaa.... makanya kalau lewat atribut harus lengkap biar ga diplototin...

    BalasHapus
  68. Preman yang berhati baik kok ga ada?
    Hihihi biasanya kan ada tuh. Preman garang tapi belain yang lemah ^^

    BalasHapus
  69. @dmilano haduh bang serba susah. . . udah lengkap eh dikorek korek mpe tutup pentil ban aja dijadiil pasal... apa gak setres ntu. . .

    BalasHapus
  70. @UnaAda kok, tapi tunggu dia insyaf dulu jadi preman mbak, xixixii...

    BalasHapus
  71. Belajar akan preman lagi nih sahabat

    BalasHapus
  72. @Blog KeperawatanBukan mau jadi preman lho sahabat, hahhaaa

    BalasHapus
  73. duhh aku pernah tuch didatangin preman elit di kantor, gara2 bosku ngga mau bayar tagihan...mana aku lagi hamil...duh takut dan stress dechh...bos yang punya hutang aku yg harus ngadepin preman....nasiib jd pegawai hikss...

    BalasHapus
  74. @NiaTapi gak di apa2in kan mbak? kalau dikasarin kasih tau aku biar tak balas, xixixi

    BalasHapus
  75. salam kenal penulis
    heheh
    tapi preman juga manusiakan
    hehehe

    BalasHapus
  76. @Aieza Dia hanya salah menempatkan diri saja ditengah masyarakat

    BalasHapus
  77. @dmilanoHe.. he.. kalau yang sukai pakai dasi ketua preman

    BalasHapus
  78. cuma numpang tanya?
    kalo preman yang pake baju safari deskripsinya bagaimana ya?

    BalasHapus

Silahkan Beri Tanggapanmu Tentang Post diatas ^_^