Slider

VIDEO

BLOGGING NOTE

KULINER

SEJARAH

ACEH SELATAN

S O S O K

Gallery

» » » Empat Pelajaran Penting Dari Lebah Untuk Manusia

Hai sobat, apa kabar dihari ke 4 bulan ramadhan ini? mudah-mudahan masih dalam keadaan sehat dan berkesempatan menjalankan ibadah puasa sampai tiba masanya pada hari kemenangan nantinya. 

Lebah, tentunya kita semua sudah kenal dengan makhluk Allah yang satu ini. Lebah memang berbisa dan tentunya kita jangan sampai punya masalah dengan mereka sebab biasanya lebah jika sudah marah, sampai nyebur ke kali pun kita mereka tetap saja menunggu diatas sampai kita muncul lagi. 

Begitulah adanya lebah sob. Alangkah baiknya jangan bermasalah dengan mereka ya.

Walaupun lebah merupakan hewan yang mempunyai bisa diujung ekornya dan cenderung ditakuti, ternyata di segala gerak - gerik lebah itu, ada beberapa keunikan yang diperlihatkan Allah kepada umatnya agar bisa kita jadikan sebagai pelajaran. Apa yang diajarkan lebah kepada manusia? berikut penjelasannya.

1. Lebah selalu menghisap saripati bunga
Menurut pengamatanku selama ini, belum pernah lebah keliru makan. Sejak dulu hingga sekarang lebah selalu mengkonsumsi sari pati bunga. artinya adalah bahwa kita diajarkan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang baik-baik asal dan usulnya atau yang halal hukumnya.

2. Lebah selalu mengeluarkan madu.
Artinya, kita selaku manusia sosial, dalam segala perkataan senantiasa membuat orang lain merasa senang. Jika dia berbuat, maka perbuatannya akan membawa manfaat bagi sesama. Segala perbuatan dan tutur katanya akan memberi faedah dan kebaikan bagi yang lain.

3. Dimanapun lebah itu hinggap, tak menyebabkan dahan menjadi patah.
Artinya, kita diajarkan untuk tidak menjadi biang masalah dimanapun kita berada. Kemanapun kita pergi, dimana pun kita tinggal, kita harus menyesuaikan diri agar tidak menimbulkan perkara bagi orang lain dan bagi lingkungan dimana kita menetap.

4. Lebah hanya aktif apabila diganggu.
Walaupun berbisa dan mempunya anggota yang bejibun, ternyata lebah mampu hidup rukun berdampingan dengan makhluk Allah lainnya asal kehidupan mereka tidak diganggu. Hal ini mengajarkan pada kita bahwa, segala perbuatan yang baik bisa membuat suasana lingkungan menjadi tenteram dan aman. Tapi apabila ada yang mengganggu dan mengancam, maka selaku manusia biasa kita diwajibkan untuk mempertahankan harga diri kita. Siapapun musuhnya, kita wajib berjuang untuk menegakkan kembali harkat dan martabat kita yang dizalimi.

Begitulah beberapa pelajaran yang bisa kita simpulkan dari kehidupan lebah. Selaku individu yang senantiasa mengharapkan ridho Allah haruslah kita memulai segalanya dengan baik, seperti mengkonsumsi makanan yang halal, melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi sesama, tidak menimbulkan keonaran atau menjadi biang kerok dimana kita menetap dan tetap membela harga diri apabila kehidupan dan kemerdekaan kita selaku manusia terancam.

Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa.

SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS, BAGAIMANA PENDAPATMU..

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

6 >>Komentar :

  1. Lebah taat dan tertib dalam kehidupannya dan tidak meganggu jika tidak ada yang mengganggu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak bisa berubah menjadi lebah, Mas. Hehehe... apakabar nih? Lama saya tak main ke sini ya

      Hapus
    2. Mudah sekali memetik pelajaran dari kehidupan lebah itu mbak

      Hapus
    3. Masih sehat" saja kok mbak susi. Trima kasih dah mampir

      Hapus
  2. Selamat menjalankan ibadah puasa Mas. Dan semoga filosofii lebah bisa membuat kita para manusia ini menjadi khalifah yang bijak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, mudah2an mampu menjalankan ibadah puasa hingga akhir...

      Hapus

Silahkan Beri Tanggapanmu Tentang Post diatas ^_^