Slider

VIDEO

BLOGGING NOTE

KULINER

SEJARAH

ACEH SELATAN

S O S O K

Gallery

» » Profil : Aceh Selatan

Kabupaten Aceh Selatan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Ibukota Aceh Selatan adalah Tapaktuan. Sebelum berdiri sendiri sebagai kabupaten otonom, calon wilayah Kabupaten Aceh Selatan adalah bagian dari Kabupaten Aceh Barat. Pembentukan Kabupaten Aceh Selatan ditandai dengan disahkannya Undang-Undang Darurat Nomor 7 Tahun 1956 pada 4 November 1956.

Kabupaten Aceh Selatan pada tanggal 10 April 2002 resmi dimekarkan sesuai dengan UU RI Nomor 4 tahun 2002 menjadi tiga Kabupaten, yaitu Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Aceh Selatan.

Kecamatan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak adalah Kecamatan Labuhan Haji, diikuti oleh Kecamatan Kluet Utara. Sementara jumlah penduduk tersedikit adalah Kecamatan Sawang. Sebagian penduduk terpusat di sepanjang jalan raya pesisir.

TOPOGRAFI
Kondisi topografi Kabupaten Aceh Selatan sangat bervariasi, terdiri dari dataran rendah, bergelombang, berbukit, hingga pegunungan dengan tingkat kemiringan sangat curam/terjal.

Dari data yang diperoleh, kondisi topografi dengan tingkat kemiringan sangat curam/terjal mencapai 63,45%, sedangkan berupa dataran hanya sekitar 34,66% dengan kemiringan lahan dominan adalah pada kemiringan kemiringan ³ 40% dengan luas 254.138.39 ha dan terkecil kemiringan 8-15% seluas 175.04 hektar selebihnya tersebar pada beerbagai tingkat kemiringan. Dilihat dari ketinggian tempat (diatas permukaan laut) ketinggian 0-25 meter memiliki luas terbesar yakni 152.648 hektar (38,11%) dan terkecil adalah ketinggian 25-00 meter seluas 39.720 hektar (9,92%).

Sementara itu, sebahagian besar jenis tanah di Kabupaten Aceh Selatan adalah podzolik merah kuning seluas 161,022 hektar dan yang paling sedikit adalah jenis tanah regosol (hanya 5,213 ha).

KECAMATAN
Kecamatan merupakan daerah sentra penunjang sebuah kabupaten. Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan terbentang mulai dari Kecamatan Labuhanhaji yang berbatasan dengan Kabupaten Aceh Barat Daya hingga Kecamatan Trumon Timur yang berbatasan dengan Kotamadya Subulussalam. 

Sampai dengan Tahun 2010 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan berjumlah 16 Kecamatan. Tahun 2011 ini dua kecamatan di bagian timur yakni Trumon dimekarkan lagi menjadi 2 kecamatan lagi sehingga keseluruhan kecamatan dalam kabupaten sekarang ini berjumlah 18 Kecamatan. Diharapkan dengan pemekaran kecamatan baru ini, pembangunan dan kesejahteraan rakyat dapat dipercepat.

Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan terdiri dari :

1. Kecamatan Tapaktuan
2. Kecamatan Samadua
3. Kecamatan Sawang
4. Kecamatan Meukek
5. Kecamatan Labuhanhaji Timur
6. Kecamatan Labuhanhaji
7. Kecamatan Labuhanhaji Barat
8. Kecamatan Pasie Raja
9. Kecamatan Kluet Utara
10.Kecamatan Kluet Timur
11.Kecamatan Kluet Tengah
12.Kecamatan Kluet Selatan
13.Kecamatan Bakongan
14.Kecamatan Kota Bahagia
15.Kecamatan Bakongan Timur
16.Kecamatan Trumon
17.Kecamatan Trumon Tengah
18.Kecamatan Trumon Timur

SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS, BAGAIMANA PENDAPATMU..

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Silahkan Beri Tanggapanmu Tentang Post diatas ^_^