Slider

VIDEO

BLOGGING NOTE

KULINER

SEJARAH

ACEH SELATAN

S O S O K

Gallery

Apa yang kukhawatirkan sejak beberapa bulan yang lalu akhirnya terjadi juga. Sudah pernah baca dan dengar via media massa bahwa telah terjadi aksi penembakan di aceh? Petrus... !!! Itulah dia. Dulu aku pernah bilang pada salah seorang kawan bahwa jelang  pemilukada aceh nanti pasti akan ada lagi kejadian yang membuat masyarakat resah karena diprediksi akan muncul kembali penembak misterius atau si petrus. Saat itu kami sedang berada dalam kantin sekolah sambil membaca koran bekas.

Entah memang kebetulan, atau memang sudah direncanakan, rentetan teror menghangat di Aceh terjadi jelang Pemilukada 2012. Ini memang pantas kita sesali. Dengan beberapa kasus penembakan terhadap beberapa pendatang dari luar aceh itu sangat meresahkan orang – orang yang selama ini bekerja dan tinggal diaceh. Hal ini sangat tidak mereka sangka akan kembali terjadi setelah Aceh damai dari konflik GAM – RI beberapa tahun yang lalu. Gara - gara si Petrus, banyak dari mereka terpaksa meninggalkan aceh dan kembali ke tempat asalnya karena khawatir akan menjadi sasaran berikutnya.

Pada dasarnya warga aceh sangat terbuka lebih-lebih kepada tamu (pendatang) yang
mencari nafkah di Aceh. Kami tidak pernah cemburu dengan kehadiran mereka dibumi serambi mekkah ini. Dan, orang aceh hingga kini masih menjunjung tinggi budaya memuliakan tamu ( Peumulia Jamee ), hanya saja ada pihak tertentu yang bermain dan menginginkan jalinan persahabatan itu terputus dan berakhir dengan buruk. Dalam aksinya mereka sering mengatas-namakan aceh atau pejuang aceh untuk mengintimidasi, meneror dan juga mengeksekusi. Padahal kita semua tahu, mereka itu hanyalah badut - badut suruhan orang supaya mengacaukan tatanan kehidupan di aceh sehingga citra aceh buruk dimata dunia.

Selama ini yang ku ketahui tentang teror tersebut adalah serangan satu arah dimana hanya terjadi penembakan terhadap sipil tak bersenjata dan bukan kontak senjata dimana melibatkan banyak orang saling tembak. Aksi penembak misterius alias Petrus itu memang tergolong rapi dengan sasaran tembak pun cukup terarah apalagi si petrus itu tidak menggunakan senjata rakitan sehingga sulitlah untuk diketahui secara pasti dari pihak mana adanya pelaku teror itu walaupun kita sama – sama mengetahui bahwa pendatang dari pulau jawalah yang banyak menjadi korbannya. Hal ini kita belum bisa langsung ketok palu dan mengklaim bahwa pihak ini atau pihak itu yang bersalah karena bisa jadi ada pihak – pihak lain yang sengaja menciptakan suasana mencekam seperti ini di aceh dan mereka berusaha memancing di air keruh agar segala elemen di aceh saling lempar tuduhan sehingga tatanan sosial politik ikut rusak. Begitu kalimat yang sering kudengar dan kubaca dari media terkait keadaan aceh terkini.

Namun bagiku, siapapun dia dan apapun modusnya yang jelas aku sebagai warga aceh sangat dan sangat mengutuk aksi penembakan tersebut dan kudoakan agar si petrus cepat dapat ditangkap atau dimusnahkan saja dari muka bumi ini karena mereka bukan lagi manusia yang normal. Mereka itu adalah serdadunya setan yang diutus untuk memisah – misahkan kerukunan hidup manusia di aceh, memutuskan tali silaturahim masyarakat aceh dengan masyarakat provinsi lain dan yang lebih menyakitkan lagi karena mereka itu telah menginjak – injak ajaran islam yang sangat melarang manusia saling membunuh, apalagi sesama muslim. Sangat patut jika mereka segera dibasmi saja.  

Akibat dari kasus – kasus tersebut warga juga yang terkena imbasnya yakni harus menjadi warga negara yang baik dan benar dengan melestarikan sistem keamanan lingkungan atau Siskamling atau sebutan yang paling populer di aceh yaitu Ronda Malam.

Diakhir celoteh, ku sangat berharap semoga para polisi segera mengungkap modus kekacuan ini, menangkap si petrus dan menciduk semua orang yang berperan besar dibalik aksi teror itu sehingga nanggroeku kembali aman seperti sedia kala, rakyat hidup damai berdampingan saling menghormati dan menghargai segala perbedaan yang ada seperti yang telah berjalan sejak zaman endatu dulu. Aamiin.

.

SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS, BAGAIMANA PENDAPATMU..

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

46 >>Komentar :

  1. ini kan adanya di jaman cang ato dulu, mosok ada lagi sekarang bang? hmm ... ya deh, saya mengaminkan doa abang agar dikabulkan, biar ga resah lagi saudara2 kami yg di Aceh ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yach, saya mana tau kenapa dijaman sekarang mereka muncul lagi. mungkin event nya bagus disaat mau pemilukada. atau ada maksud yang lainnya. saya sudah terlalu banyak menduga, toh sampe sekarang belum ada kepastiannya mbak.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Aamiin, demikian juga doa kami sebagai warga aceh mbak Lidya. mudah2an saja para polisi cepat dan sigap menangani semua ini

      Hapus
  3. Dulu, pernah ada Petrus yang meski misterius tapi jelas pelakunya.
    Kalau Petrus yg sekarang ini bener2 misterius...
    Semoga segera teratasi agar masyarakat tak makin resah gelisah dan muntah2

    BalasHapus
    Balasan
    1. virus mual itu juga sedang kami rasakan pak, mual pada janji pemerintah yang selalu memabukkan. Sudah hampir setahun, modus dari penembakan tersebut belum juga tuntas.

      Hapus
  4. Semoga damai selalu di sana
    karena damai itu indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat indah mas kami rasakan damai itu setelah 30 tahun lamanya bergejolak. Inginnya selamanya damai terus dan senantiasa tidak was- was.

      Hapus
  5. haduh sebagian warga sampe eksodus ya? semoga keamanan kembali pulih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak sebagian mas, cuma ada beberapa masyarakat yg dulunya berasal dari luar aceh yang terpaksa harus eksodus ke luar dari aceh. sangat disayangkan sekali mas

      Hapus
  6. iyaa mas.. kalo disini, banyak yang bilang seperti itu.. kalo Aceh itu sangat tidak bersahabat kalo menerima tamu, makanya dulu dhe sempat tidak pernah ingin untuk berkunjung ke Aceh, takut aja kalo mendadak baru menginjakkan kaki disana langsung di dor trus mati.. hehe :D

    semoga Aceh dan Indonesia selalu damai dan bersahabat yaa mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Seperti kata pepatah lama mbak, gara- gara nila setitik, rusak susu sebelanga. itulah kejadiannya diaceh. gara2 beberapa orang yg berbuat buruk, maka seluruh warga aceh menjadi ikut terkena dampak buruknya.
      padahal sejak damai kemaren, tidak ada lagi kejadian yang seperti ini. hanya jelang pemilu kada saja si petrus itu muncul.
      semoga saja cepat kondusif kembali seiring dengan terungkapnya siapa sebenarnya pelaku teror tersebut, aamiin

      Hapus
  7. Semoga aceh senantiasa aman mas

    BalasHapus
  8. Di sini saya punya banyak teman dari Aceh dan semuanya baik. Teman-teman yang kerja di Aceh juga bilang orang-orang Aceh baik dan welcome. Saya sependapat, penembakan itu sudah pasti oknum. Sekarang tinggal bagaimana aparat keamanannya bertindak ya, Mas? Semoga Aceh cepat pulih dan damai kembali ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang warga aceh selalu welcome pada pendatang, karena sudah demikianlah adat pemulia jamee di aceh. cuma itu tadi, gara2 si petrus, akibatnya aceh terkesan tidak menerima orang pendatang. jelas2 itu adalah perbuatan yang keji dan sepantasnya ditindak secara frontal agar kedamaian aceh dapat terjaga dengan baik.

      Hapus
  9. Prihatin kalau Petrus kembali lagi,,,, Semoga Aceh tetap Damai, dan Indonesia umumnya, amiiinn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia sudah kembali mas dan sudah ada yang tewas karenanya. Kita semua prihatin akan hal itu. Semoga Polisi cepat menangkap pelaku teror itu

      Hapus
    2. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

      Hapus
  10. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  11. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  12. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  13. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  14. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  15. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  16. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  17. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  18. saya akan mencoba tipsnya yang sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  19. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  20. saya akan coba tipsnya yang sangat amazing

    BalasHapus
  21. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  22. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  23. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  24. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  25. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  26. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  27. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  28. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  29. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  30. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  31. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  32. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  33. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  34. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  35. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus

Silahkan Beri Tanggapanmu Tentang Post diatas ^_^